Pages

Anumerta

Pada mulanya sekedar silaturahmi ke rumah Pak Edi, salah satu rekan renang ketika masih aktif berlatih. Tidak sendirian, kami ada bertiga yaitu Mas Taufik, Nur, dan saya. Terlepas dari cekakaan hingga menyentuh subtansi inti silaturahmi, ada sebuah istilah yang muncul dari perkataan Pak Edi yaitu tentang anumerta. Beliau berkata bahwa dalam sistem kepangkatan dalam TNI terdapat pangkat anumerta yang diperoleh setelah seseorang perwira tinggi melewati jenjang jenderal. Menarik, karena saya selama ini hanya mengetahui bahwa kepangkatan tertinggi dalam angkatan bersenjata ataupun kepolisian adalah jenderal, lebihnya paling jenderal besar ketika jenderal tersebut telah memberikan jasa yang besar dalam karirnya.

Saya pun bertanya kepada Pak Edi tentang apa itu anumerta. Namun Beliau tidak mau menjawabnya, dalam hati saya sungguh "culas" sekali ketika seseorang mengeluarkan sebuah istilah namun tidak mau menjelaskan pengertiaannya. Mungkin bagi semua yang terlibat dalam kunjungan tersebut, istilah anumerta akan hilang dan dianggap sebagai angin lalu. Tetapi saya sampai sekarang masih penasaran tentang apa itu anumerta. Sampailah saya membuka laptop dan mulai berselancar tentang penjelasan anumerta. Sungguh mengecewakan ternyata masih sedikit sekali sumber-sumber yang menjelaskan tentang arti anumerta. Seringkali muncul nama-nama jenderal-jenderal seperti Jenderal Anumerta Ahmad Yani, Jenderal Anumerta Katamso, dan lain sebagainya. 

Anumerta berasal dari bahasa inggris posthumous yaitu tindakan atau kegiatan yang terkait dengan seseorang yang dilakukan setelah yang bersangkutan meninggal dunia. Secara istilah, anumerta adalah sebuah  gelar penghargaan khusus yang diberikan kepada anggota angkatan bersenjata yang meninggal dalam rangka berjasa kepada bangsa dan negara. Dari definisi awal ini maka perlu diluruskan bahwa anumerta bukanlah sebuah struktur kepangkatan namun hanya sekedar gelar penghargaan sebagai wujud hormat kepada anggota bersenjata. Gelar anumerta yang sering didengar dan terkenal di dalam masyarakat adalah gelar anumerta sembilan jenderal yang meninggal di Lubang Buaya akibat pembantaian oleh PKI (G30 S PKI).  Dari sumber lain menyatakan bahwa tidak hanya angkatan bersenjata yang dapat diberikan gelar anumerta, PNS juga memiliki kesempatan untuk memperoleh gelar anumerta ketika PNS tersebut meninggal demi nama baik bangsa dan negara. Berikut merupakan rincian syarat ketika orang mendapatkan gelar anumerta:
  • meninggal dunia dalam dan karena menjalankan tugas kewajibannya,
  • meninggal dunia dalam keadaan lain yang ada hubunganya dengan dinasnya, sehingga kematian itu disamakan dengan meninggal dunia dalam dan karena menjalankan tugas kewajibannya,
  • meninggal dunia yang langsung diakibatkan oleh luka atau cacat jasmani atau cacat rohani yang didapat dalam dan karena menjalankan tugas kewajibannya,
  • meninggal dunia karena perbuatan anasir yang tidak bertanggung jawab ataupun sebagai akibat tindakan anasir itu (BKPP Tangsel, 2012).

Perlu diluruskan kembali bahwa anumerta adalah sebuah gelar penghargaaan. Untuk mendapatkan gelar anumerta ternyata tidak harus melewat jenjang jenderal, jadi angkatan bersenjata bahkan pegawai negeri sipil semua berhak mendapatkan gelar anumerta. Salah satu contoh anggota angkatan bersenjata yang mendapatkan gelar anumerta tanpa melewati jenjang jenderal adalah Kolonel Anumerta I Gusti Ngurah Rai yang telah berjasa dalam mempertahankan Tanah Bali dari jajahan Belanda dengan memimpin pasukan Ciung Wenara hingga perang puputan di Tabanan, Bali. Gelar anumerta biasanya juga diberikan kenaikan satu pangkat kepada anggota yang bersangkutan. Misalkan seorang laksamana muda gugur dalam pertempuran mempertahankan pulau terluar Indonesia, maka anggota TNI AL tersebut mendapatkan gelar anumerta dan pangkat sehingga menjadi laksamana anumerta. 

btemplates

1 komentar:

Euphoria mengatakan...

https://dwightharper.hpage.com/hasilkan-uang-amelalui-kasino-menyenangkan.html

Posting Komentar