Pages

Review tentang Science and Common Sense


Pada dasarnya science and common sense menjelaskan tentang sejarah munculnya ilmu pengetahuan sebagai hasil pemikiran manusia. Diawali dari rasa ingin tahu yang tinggi dengan lingkungan sekitar sebagai sifat dasar manusia. Kemudian dengan rasa ingin tahu tersebut muncullah common sense. Di saat common sense dirasa belum dapat menjelaskan rasa keingintahuan manusia maka munculah pengetahuan (scientific) berlanjut ke ilmu pengetahuan (science) sebagai sebuah metode ilmiah yang mampu menjelaskan secara objektif. Selain menjelaskan ilmu pengetahuan secara historis, tulisan ini juga membedakan secara tegas antara common sense dan prescientific sebagai kelompok “ilmu” yang tidak dapat dikatakan sebagai kebenaran dengan science yang sudah teruji kebenarannya yang sebelumnya banyak orang yang memperdebatkan hal tersebut .
Manusia terus berkembang dan bertahan hidup dalam meningkatkan kemampuan untuk menggali  informasi. Adapun pada zaman dahulu, manusia masih menggunakan pengetahuan yang sederhana tanpa metode ilmiah yang baku. Hal ini disebut dengan common sense yang biasanya dikenal umum sebagai bahasa orang awam. Common sense pada dasarnya merupakan bukan hasil produk intelektual modern karena secara tidak bisa diterima kebenarannya. Seperti halnya Lord Mansfield berkata bahwa tidak ada kesulitan (common sense) dalam menjelaskan sebuah kasus, hanya mendengar dari kedua sisi dengan sabar dan mempertimbangkan dengan asas keadilan, dan kemudian memutuskan secara benar tetapi tidak pernah memberikan alasan, mungkin saja keputusan itu benar tetapi kecil sekali kemungkinan, tetapi yakinlah alasan tersebut tentunya salah. Common sense ini nanti akan menjadi pedoman awal manusia untuk mengeksplorasi segala yang ada di dunia ini.
Dalam perkembanganya, common sense ini akan berkembang menjadi scientific. Adapun scientific merupakan penjelasan kognitif yang dikaitkan dengan gejala alam dan bersifat metafisika. Disini manusia mulai menggunakan kepercayaannya dalam menjelaskan suatu fenomenan alam. Dalam perkembangan ini, manusia selalu mengaitkan dengan dewa dan roh leluhur sebagai sumber segala fenomena alam yang terjadi. Manusia pada saat ini mengembangkan scientific tidak untuk mencari kebenaran yang sesungguhnya namun hanya untuk memperoleh kebanggaan tersendiri. Adapun contoh dari scientific adalah pada saat masyarakat sedang melakukan cocok tanam. Tentunya dalam melakukan cocok tanam tidak dapat sembarang mencocok tanam, perlu sebuah tradisi dan momen yang tepat dalam melakukan cocok tanam. Tradisi seperti mencukur rambut dan melihat bintang (astrologi) sebelum menanam merupakan salah satu bentuk dari common sense dan scientific.
Banyak orang berkata bahwa common sense dan scientific dapat menjelaskan sebuah fenomena yang dihadapi manusia dengan benar. Misalkan pada saat bercocok tanam, banyak orang yang menentukan masa tanam dengan melihat bintang atau dengan ritual-ritual lain. Orang pun percaya bahwa dengan melakukan hal tersebut mampu memberikan waktu yang tepat dalam menjelaskan kapan masa tanam tiba. Namun dalam tulisan ini secara tegas itu tidaklah benar, perlu sebuah penegasan bahwa ilmu pengetahuanlah yang mampu menjelaskan semua fenomena manusia. Perlu sebuah metode yang sistematis dalam penelitian dan hasilnya objektif dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu perlu untuk membedakan science dengan common sense dan scientific.
Adapun perbedaannya adalah:
1. Science bersifat sistematis dan dapat dikontrol yang dinyatakan dengan formula dan memiliki proposisi dalam menjelaskan alasan terjadinya suatu fenomena secara jelas, berbeda dengan common sense dan scientific hanya berupa pertimbangan-petimbangan menurut akal semata.
2. Common sense dan scientific kemungkinan bisa saja akurat, namun harus diketahui bahwa keakuratan tersebut memiliki batas. Apakah common sense dan scientific mampu mengatasi hal tersebut? Science memiliki keakuratan yang tepat sehingga kalaupun terjadi perubahan, kontrol dapat segera dilakukan dan dapat kembali akurat.
3. Common sense dan scientific hanya sebatas pada keputusan yang didasari oleh keyakinan seseorang (human concern). Padahal keyakinan seseorang pasti berubah-ubah atau tidak konsisten karena banyak faktor luar yang mempengaruhinya. Hal ini common sense dan scientific belum mampu mempertanggungjawabkan kebenarannya secara utuh. Berbeda dengan science yang lebih menekankan pada penelitian dan observasi kritis.
4. Common sense dan scientific tidak memiliki hubungan sebab akibat yang jelas. Terlihat dari spesifikasi setiap unsurnya yang tidak jelas dan kurang spesifik. Berbeda dengan science yang memiliki formula dalam menjelaskan hubungan sebab akibat dan jelas setiap spesifikasinya.
5. Hanya menegaskan bahwa common sense dan scientific terfokus pada nilai-nilai seseorang dan oranglah sumber dari kebenaran. Berbeda dengan science yang menggunakan teori yang teruji kebenarannya dalam menjelaskan sebuah fenomena dengan penelitian lapangannya.
6. Perbedaan kontras dari common sense dan scientific dengan science adalah science melibatkan kognitif secara kritis dan didukung dengan observasi data dalam menjawab setiap tantangan. Berbeda dengan common sense dan scientific yang hanya keputusan seseorang semata.

btemplates

8 komentar:

Angel mengatakan...

https://bayanlarsitesi.com/
Yakacık
Atakent
Kayabaşı
Mimarsinan
SBJ7

Mahir2 mengatakan...

yozgat
sivas
bayburt
van
uşak
XARHK

GalacticNomad1Q2345 mengatakan...

izmir evden eve nakliyat
yalova evden eve nakliyat
çorum evden eve nakliyat
eskişehir evden eve nakliyat
sivas evden eve nakliyat
KQP4

63183Anthony77442 mengatakan...

9BE25
Hotbit Güvenilir mi
Ünye Parke Ustası
Çerkezköy Boya Ustası
Keçiören Boya Ustası
Bayburt Parça Eşya Taşıma
Tokat Şehirler Arası Nakliyat
Manisa Şehirler Arası Nakliyat
Çerkezköy Çilingir
Ağrı Evden Eve Nakliyat

F59D1Jesus19D95 mengatakan...

6AA26
Amasya Şehirler Arası Nakliyat
Bursa Lojistik
Eskişehir Şehirler Arası Nakliyat
Balıkesir Şehir İçi Nakliyat
Çankırı Evden Eve Nakliyat
Tokat Parça Eşya Taşıma
Sivas Lojistik
Tokat Evden Eve Nakliyat
Karaman Evden Eve Nakliyat

F0F21MichelleC60DD mengatakan...

3CC1B
Tunceli Ücretsiz Sohbet Uygulamaları
tunceli ücretsiz sohbet siteleri
diyarbakır sohbet chat
Adıyaman Ücretsiz Sohbet Uygulamaları
Hatay Bedava Sohbet Uygulamaları
izmir canlı sohbet siteleri ücretsiz
kilis ücretsiz sohbet sitesi
Hatay Bedava Sohbet Odaları
kırşehir görüntülü sohbet kızlarla

F79DDGordon8823F mengatakan...

9BDAC
Binance Referans Kodu
Snapchat Takipçi Hilesi
Bitcoin Nasıl Üretilir
Spotify Dinlenme Satın Al
Bitcoin Nasıl Kazılır
Bitcoin Kazanma
Cate Coin Hangi Borsada
Trovo Takipçi Satın Al
Referans Kimliği Nedir

47362AlvaroA7624 mengatakan...

C9E3E
Anc Coin Hangi Borsada
Tumblr Beğeni Satın Al
Bone Coin Hangi Borsada
Youtube Beğeni Satın Al
Mexc Borsası Güvenilir mi
Twitter Takipçi Satın Al
Meta Coin Hangi Borsada
Twitter Retweet Hilesi
Coin Nasıl Oynanır

Posting Komentar